Profil

Tupoksi



A. Struktur Organisasi

Pemerintah Kota Denpasar melalui Peraturan Daerah Kota Denpasar Nomor 8 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah, maka susunan Organisasi dan Tata Kerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Denpasar terdiri   dari :

     1.   Kepala

     2.   Sekretariat terdiri dari :

                 2.1. Sub Bagian Perencanaan

            2.2. Sub Bagian Keuangan

            2.3. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

3.   Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan terdiri dari :

            3.1. Kasi Pencegahan

            3.2. Kasi Kesiapsiagaan

4.   Bidang Kedaruratan dan Logistik terdiri dari :

            4.1. Kasi Kedaruratan

            4.2. Kasi Logistik

5.   Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi terdiri dari :

            5.1. Kasi Rehabilitasi

                 5.2. Kasi Rekonstruksi

6.   UPTB terdiri dari :

            6.1. Ka. UPTB

            6.2. Ka. Sub. Bagian TU

B.     Susunan Kepegawaian dan Perlengkapan

1.         Susunan Kepegawaian

Jumlah tenaga staf di lingkungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Denpasar saat ini terdiri dari Sekretariat dan Bidang-bidang, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya minimal dibutuhkan sejumlah 189 orang, namun yang tersedia saat ini berjumlah 155 orang dengan pembagian sebagaimana terlihat dalam Tabel berikut :

SEKRETARIAT

Perlengkapan

Saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Denpasar menempati Gedung di Jalan Imam Bonjol No.176 Denpasar (gedung 2 lantai) dengan jumlah ruangan dan pos-pos pembantu (Pos Juanda, Pos Cokro dan Pos Merpati).  

Gedung Lantai I, diperuntukan untuk ruang parkir kendaraan operasional Brean Wire  (BW), Ruang Pos Jaga, Ruang Istirahat, Gudang, Kantin dan Toilet

  • Ruang Kerja Kepala BPBD Kota Denpasar
  • Ruang Kerja Kepala Bidang Pencegahan dan kesiapsiagaan
  • Lobi
  • Ruang rapat
  •   Gedung/Pos Pembantu Jalan Juanda Denpaar (Gedung Lantai II) khusus untuk pasukan siaga Penanggulangan Bencana wilayah Timur dan Selatan.
  • Gedung/Pos Pembantu Jalan Merpati Denpasar khusus untuk pasukan siaga Penanggulangan Bencana wilayah Denpasar Barat.

Tugas dan Fungsi

Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Kota Denpasar

  1. Menetapkan program kerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah;
  2.    Mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasi tugas-tugas bawahan sesuai dengan  -Memberikan petunjuk dan bimbingan serta pengawasan kepada bawahan;
  3. Menetapkan pedoman dan pengarahan terhadap usaha penanggulangan bencana yang  mencakup pencegahan bencana, penanganan darurat, rehabilitasi, serta rekonstruksi secara adil dan setara;
  4. -Menyusun, menetapkan dan menginformasikan peta rawan bencana;
  5. Melaksanakan penanggulangan bencana secara terintegrasi yang meliputi pra bencana, saat tanggap darurat dan pasca bencana;
  6. Mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan melaporkan pertanggungjawaban kinerja kepada Walikota;
  7. Melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan;
  8. SEKRETARIAT
    1. Menyusun program kerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah;
    2. -Memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;
    3.      Badan Penanggulangan Bencana Daerah;
    4. Melaksanakan pengelolaan urusan keuangan;
    5. Melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan;
  9. Sekretariat terdiri dari :
    1. Sub Bagian Keuangan;
    2. Menyiapkan rencana hasil kegiatan Sub. Bagian sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan sekretariat;
    3. Menyusun laporan hasil kegiatan Sub. Bagian sebagai bahan penyusunan laporan hasil kegiatan secretariat;
    4. Mengatur, mendistribusikan, dan mengkoordinasikan tugas-tugas bawahan sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing;
    5. Memeriksa hasil kerja bawahan;
    6. Melakukan pengumpulan, analisis dan penyajian data dibidang penanggulangan bencana;
    7. Menyiapkan bahan perumusan rencana dan program kerja berdasarkan rencana kegiatan masing-masing Bidang dan Sekretariat;
    8.  Membuat hasil laporan kegiatan sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban hasil Mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;
    9. Sub. Bagian Keuangan mempunyai tugas :
      • Mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugastugas bawahan sesuai dengan bidangnya masingmasing;
      • Memeriksa hasil kerja bawahan;
      • Menyelenggarakan tata usaha keuangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan yang berlaku dan pedoman yang telah ditetapkan;
      • Mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;
      • Sub. Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas :
        • Menyusun laporan hasil kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian sebagai bahan penyusunan laporan hasil kegiatan sekretariat;
        • Memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;
        •  Menyiapkan rencana kebutuhan, pengembangan dan mutasi pegawai di lingkungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah;
        • -Melaksanakan pengelolaan urusan rumah tangga dan perlengkapan kantor;
        • Menyiapkan data dan membuat laporan kepegawaian;
        • -Mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;
        • Masing-masing Sub. Bagian dipimpin oleh seorang Kepala Sub. Bagian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretariat Badan.
    1. Menyiapkan rencana kegiatan Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan;
    2. -Mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugastugas bawahan sesuai dengan bidangnya masingmasing;
    3. Memeriksa hasil kerja bawahan;
    4. Melaksanakan serangakaian kegiatan untuk mengantisipasi bencana melalui pengorganisasian serta melalui langkah yang tepat dan berdaya guna;
    5.   Mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;
    6. Kasi Pencegahan;
    7. Menyiapkan rencana Kegiatan Sub. Bidang  Pencegahan;

    8.  Menyusun laporan hasil kegiatan Sub. Bidang sebagai bahan penyusunan laporan hasil kegiatan Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan;
    9. --Memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;
    10. Melaksanakan kontrol terhadap penguasaan dan pengelolaan sumber daya alam yang secara tibatiba dan/atau berangsur berpotensi menjadi sumber bahaya bencana;
    11. - Melakukan koordinasi pengelolaan tata ruang dan lingkungan hidup;
    12. Mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;
    13. Kasi Kesiapsiagaan mempunyai tugas :
      • Menyusun laporan hasil kegiatan Sub. Bidang sebagai bahan penyusunan laporan hasil kegiatan Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan;
      • --Memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;
      • Menyiapkan penyusunan dan uji coba rencana penanggulangan kedaruratan bencana;
      • Menyiapkan penyediaan dan penyiapan barang pasokan pemenuhan kebutuhan dasar;
      • Menyiapkan lokasi evakuasi;
      • Melaksanakan penyediaan dan penyiapan bahan, barang dan peralatan untuk pemenuhan pemulihan prasarana dan sarana;
      • Mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;
      • Masingmasing Bidang dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di   bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan.
      • Menyiapkan rencana kegiatan Bidang Kedaruratan dan Logistik;
      • Menyusun laporan hasil kegiatan bidang berdasarkan laporan hasil kegiatan masing-masing Sub Bidang di lingkungan Bidang Kedaruratan dan Logistik sebagai bahan penyusunan laporan pertanggungjawaban kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah;
      • -Memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;
      • Melakukan dan mengkoordinasikan serangkaian kegiatan dengan segera pada saat kejadian bencana untuk menangani dampak buruk yang ditimbulkan;
      • Melakukan upaya memberikan bantuan untuk memenuhi kebutuhan dasar pada saatkeadaan darurat;
      • Mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan;
    14. Sekretariat terdiri dari :
      1. Sub Bagian Keuangan;
      2. Sub. Bagian Perncanaan mempunyai tugas
        1. Memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;
        2. Mengadakan koordinasi dengan kepala Sub Bagian dan Bidang untuk kerhamonisan kerja;
        3. Menyiapkan bahan laporan badan sebagai bahan pertanggungjawaban kepada Walikota;
        4. Menyiapkan bahan pembinaan organisasi dan tatalaksana dalam peningkatan kinerja badan;
        5.     kerja bawahan;
        6. Melaksanakan rugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

        Menyiapkan rencana kegiatan Sub Bagian Keuangan;

      3. Menyusun laporan hasil kegiatan Sub Bagian Keuangan sebagai bahan penyusunan laporan hasil kegiatan Sekretariat;
      4. --Memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan;
      5. Menyusun rencana anggaran biaya langsung dan tak langsung;
      6. Membuat laporan pertanggungjawaban keuangan;
      7. Melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

      Menyiapkan rencana kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;

    15. Mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas-tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing-masing;
    16. Memeriksa hasil kerja bawahan;
    17. Melaksanakan urusan suratmenyurat dan pengadaan naskah dinas;
    18. Melaksanakan urusan hubungan masyarakat, perjalanan dinas dan keprotokolan;
    19. Melakukan upayaupaya penigkatan kesejahteraan dan disiplin pegawai;
    20. Melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

    BIDANG-BIDANG

    1. Menyiapkan rencana kegiatan Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan;
    2. -Mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugastugas bawahan sesuai dengan bidangnya masingmasing;
    3. Memeriksa hasil kerja bawahan;
    4. Melaksanakan serangakaian kegiatan untuk mengantisipasi bencana melalui pengorganisasian serta melalui langkah yang tepat dan berdaya guna;
    5. Melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.
  10. Kasi Pencegahan;
  11. <span style="\&quot;font-family:times" new="" roman,serif;="" font-size:12pt\"="">Kasi Kesiapsiagaan.


Facebook
Twitter